Sharing

Selasa, 25 September 2012

IMK - Bab 2. Faktor Manusia

Faktor Manusia

Aspek dalam sistem komputer : aspek hardwre, aspek software, aspek brainware.
Titik berat dalam IMK adalah perancangan dan evaluasi manusia dalam merancang sesuatu design.

Tujuan Rekayasa Sistem IMK
Fungsional yang semestinya : Sistem dengan fungsionalitas yang kurang memadai mengecewakan pemakai dan sering ditolak atau tidak digunakan.

Tujuan Perancangan Berdasarkan Faktor Manusia 
Lima faktor manusia terukur : waktu belajar, kecepatan kinerja, tingkat kesalahan, daya ingat, kepuasan subjektif.

Saluran input output
Pandangan vision, ada dua tahap yaitu : penerimaan fisik dari suatu stimulus, pengolahan data dan interprestasi dari stimulus.
Alat fisik mata : mekanisme untuk menerima cahayadan metransformasikannya ke dalam energi elektrik, cahaya memantul dari objek - objek citra dari mereka difokuskan terbalik pada retina, retina mengandung rods (organ berbentuk batang) untuk pandangan cahaya lemah dan conses (organ berbentuk kerucut) untuk pandangan bwerwarna, sel ganglion (simpul / pusat syaraf) menditeksi pola dan gerakan.

Istilah dalam Penglihatan / Visual
Luminas / kejelasan objek : Semakin besar luminas maka rincian dari suatu objek semakin jelas.
Kontras : Nilai kontrak dapat bernilai positif atau negatif, jika bernilai negatif akan membuat objek tersebut tidak nampak
Ada 4 daerah medan penglihatan, yaitu : penglihatan binokuler, penglihatan monokuler kiri, penglihatan monokuler kanan, daerah buta.
Pengertian monokuler : Mampu melihat sebuah objek dalam keadaan yang sama, misalnya melihat kearah kana atau ke kiri dan hanya mendapatkan sedikit wilayah sudut pandang.
Pengertian binokuler : Mampu melihat sebuah objek dengan daya wilayah sudut pandang lebih luas, misal melihat ke atas dan kebawah
Pengertian daerah buta : Daerah yang benar - benar tidak bisa dilihat oleh mata

Warna yang efektif
Aspek Spikologis : Pembuat harus lebih memahami dalam pewarnaan yang tidak terlalu menjolok mata dan tidak terlalu mengganggu spikologis dari setiap pengunjung yang akan membuka web tersebut.
Aspek Kognitif : Lebih menggunakan warna yang mencolok namun hanya digunakan untuk mengumpulkan jenis - jenis informasi yang sama

Pendengaran
Sebagian besar manusia bisa menditeksi suara antara frekuensi 20Hz hingga 20KHz,namun batasan tersebut dipengaruhi oleh batasan kesehatan dan usia. Bagi pendengar yang lebih sensitif dapat menangkap suara antara 1000 - 4000 Hz setara dengan batas atas dua oktaf keyboard piano.

Sentuhan
Merupakan saran interaksi yang lebih penting pada orang buta, lebih dikaitkan dengan aspek ergonomis dalam sebuah sistem. Aspek ini sering digunakan dalam papan ketik atau tombol.

Sensory Store
Sensori untuk merasakan
Buffer (penyangga) untuk stimulisi (perangsang) terdapat :
1. Inconic : visual stimulisi (rangsangan visual)
2. Echoic : aural stimulisi (rangsangan suara)
3. Hapthic : touch stimulisi (rangsangan sentuhan)

Short-term memory
Informasi yang masuk akan dinyatakan dalam bentuk terkodean bukan dalam bentuk fisik,sering digunakan sebagai working memori

Long-term memory
Tempat penyimpanan (repository) untuk semua pengetahuan kita
1. Akses pelan = 1/10s
2. Decay (penghilangan), pelan jika ada
3. Kapasitas yang besar atai tidak terbatas
Dua jenis  long-term memory :
1. Episodik memori : berurutan dari kejadian - kejadian
2. Semantik memori : terstruktur dari fakta - fakta, konsep dan keterampilan

Thingking "Reasoning dan Problem Solving"
1. Deduktif : menurunkan konklusi yang diperlukan secara lojik dari premise (dasar pemikiran)
2. Induktif : generalisasi dari kasus yang terlihat untuk case yang belum terlihat
3. Abductive (penculikan) : pertimbangan dari kejadian ke penyebab

Kesalahan dan Model Mental
Jenis - jenis kesalahan :
1. Slip - perubahan aspek perilaku berketerampilan dapat menyebebkan slip
2. Perbedaan tiap individu berdasarkan jangka waktu :
    a. Jangka pendek - efek dari stress atau keletihan
    b. Jangka panjang - jenis kelamin, fisik dan kemampuan intelektual

1 komentar:

  1. Like its Mampir d blog saya jg y...

    aji-apps.blogspot.com

    BalasHapus