Sharing

Rabu, 17 Oktober 2012

IMK - Bab 4 Perancangan Tampilan

Perancangan Tampilan

Karakteristik :

  1. Memiliki tampilan design dengan warna yang bagus
  2. Mudah dioperasikan
  3. Mudah untuk di pelajari dan di pahami
  4. Pengguna selalu merasa senang pada saat menggunakan software tersebut

Persyaratan yang harus dipenuhi :

  1. Memiliki jiwa senii
  2. Meyakini pemprogramannya dapat berjalan sesuai dengan instruksi
  3. Programmer dapat memahami dan mengerti selera user secara umum
  4. Mendokumentasikan hasil dari perkerjaannya, dijadikan history file


SPECIAL PURPOSE SOFTWARE
Program aplikasi yang ada mencangkup :

  1. Inventori gudang
  2. Data Mahasiswa
  3. Reservasi Hotel
2 macam pendekatan SPECIAL PURPOSE SOFTWARE :
  1. User Center Design : User diajak bekerja sama dengan programmer dalam membuat software tersebut
  2. User Design Approach : User merancang sendiri design software yang diinginkannya tanpa memikirkan programmernya

GENERAL PURPOSE SOFTWARE
Aplikasi yang digunakan oleh berbagai user dengan karakteristik yang beragam serta berbagai tingkatan
Adapun komponen yang harus diperhatikan :
  1. Model User
  2. Bahasa Perintah yang digunakan / Command Instruction
  3. Languange / Bahasa yang digunakan
  4. Umpan balik
  5. Penampilan informasi yang selaran dan berada terurut
Urutan Perancangan :
  1. Top Down
  2. Pemilihan Ragam Dialog
  3. Perancangan Struktur Data (digunakan untuk analisis)
  4. Perancangan Penanganan Kesalahan (Validasi pemasukan data)
Perancangan Tampilan Berbasis Teks :
  1. Pengelompokan Data
  2. Relevansi Data
  3. Konsisten dalam pemilihan kata dan design
  4. Kesederhaan design
Perancangan Tampilan Berbasis Grafis :
  1. Ilusi objek yang dimanipulasi
  2. Urutan visual dan fokus pengguna
  3. Struktur Interal
  4. Kosakata grafis konsisten dan sesuai
  5. Keselarasan dengan media yang digunakan
Penanganan Kesalahan :
  1. Kesalahan Sintaks : Kesalahan pada program dan mengalami komplain (Program dapat berjalan namun tidak dapat menampilkan sesuai dengan yang diinginkan ERORR-TIME)
  2. Kesalahan Logika : Kesalahan yang terjadi pada pengurutan program (Program tidak dapat di eksekusi)
Peransi Sederhana yang digunakan :
Lembar kerja tampilan yang meliputi : Nomor lembar kerja, Tampilan dan Navigator


Jaringan Simantik Tampilan :
Ada 2 komponen yang digunakan :
  1. Nomor Tampilan
  2. Transisi yang menyebabkan perpindahan ke tampilan yang lainnya
Contoh : Rancangan exit pada Microsoft World


Perbedaan yang lebih spesifik :
  1. Waktu Tanggap : Kurang dari 2 detik untuk meload setelah di klik termasuk pada kategori sebentar, dan lebih dari 14 detik untuk meload setelah di klik termasuk pada kategori lambat (tergntung pada banyaknya proses inputan data).
  2. Faktor Lambat / Cepat : Tergantung dari perhitungan programmer yang di buat dari waktu ubah, dan tergantung bagus atau tidaknya koneksi, serta berat atau tidaknya data yang akan di panggil.
  3. Faktor Utama : Tergantung isi aspek yang ada pada pemprograman yang dibuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar